Delicate, Delightful, Delicious
~A Blog

Thursday, April 12, 2007

Permainan-Permainan Masa Sekolah (1)

Saya mencoba mengingat permainan-permainan yang saya kenal semasa sekolah dulu. Dalam tulisan ini, saya batasi untuk permainan-permainan “indoor” atau yang bisa dan biasa dimainkan di dalam kelas saja.

Catur Jawa
Jumlah pemain: 2 orang.

Cara bermain: masing-masing pemain menggerakkan pion (bisa batu, penghapus, rautan) menurut jalurnya secara bergantian. Satu gerakan tiap kesempatan, sampai bisa membentuk garis lurus—horizontal, vertikal, atau diagonal. Satu aturan: membentuk garis horizontal di tempat awal nggak dianggap memenangkan pertandingan.

Tambahan: saya kenal permainan ini saat SD. Sangat sederhana—hanya butuh modal 6 buah batu atau barang-barang lain. Permainan ini dulu sempat jadi primadona pas SD. Selain bisa dimainkan di kelas; di luar kelas, terutama di lapangan juga bisa. Kalau di luar kelas, perlu tempat yang ada tanahnya, dengan modal 6 batu kecil dan sebatang dahan pohon untuk menggambar arenanya.

Sayangnya permainan ini terlalu sederhana, jadi cepat bosan. Makanya di SMP atau SMA, saya sudah nggak menjumpai lagi teman-teman yang memainkan catur Jawa. Anda bisa mencoba download flash game catur Jawa hasil karya Beligerin dari Baba Forum di sini.

SOS
Jumlah pemain: normalnya 2

Cara bermain: di selembar kertas yang sudah dibuat kotak-kotak, masing-masing pemain bergantian mengisi kotak-kotak tersebut dengan huruf “S” atau “O”. Yang menang adalah yang paling banyak membuat deretan “SOS”, baik horizontal, vertikal maupun diagonal sampai “arenanya” penuh.

Tambahan: Ini pun permainan SD. Tapi sampai SMP awal masih cukup populer. Karena nggak terlalu rumit, terkadang aturannya dimodifikasi sedikit: tujuannya bukan lagi “SOS”, tapi “SOSOS”.

ABC 5 Dasar
Jumlah pemain: idealnya 2 sampai 5 orang

Cara bermain: Ini permainan kosakata dan hapalan. Di awal permainan, pemain harus menyepakati kategori-kategori yang harus ditebak. Misal: 3 kategori, nama hewan, nama pemain bola, dan nama negara.

Lalu, sembari meneriakkan “a be ce lima daaassaarr”, masing-masing pemain mengeluarkan angka 1-10 dengan jari-jari tangannya. Jumlah angka tersebut menentukan suatu huruf yang akan dipakai.

Penilaiannya memiliki aturan tersendiri. Nilai maksimum adalah 100, minimum 0. kalau jawaban “Kewell” dijawab hanya oleh satu orang, maka dia berhak dapat 100. Tapi kalau ada 2 orang, maka masing-masing 50, dan seterusnya.

Tambahan: menurut saya, ini salah satu permainan legendaris. Namanya mungkin bisa beda di setiap daerah, tapi permainan ini ada dari SD, bahkan sampai SMA.

Tebak Kata

Jumlah pemain: 1 game master dan penebak (sekitar 2-5 orang)

Cara bermain: game master (perannya bisa bergiliran) menyimpan satu kata. Di awal permainan bisa dibuat perjanjian terlebih dahulu tentang kata yang akan dimainkan. Bisa bertopik nama pemain sepak bola, nama presiden, nama negara, kata dalam bahasa Inggris, atau lainnya.

Lalu game master membuat garis-garis horizontal yang berjajar sejumlah huruf dalam kata tersebut. Misalnya game master menyimpan kata “sapi”, maka garis yang dibuat berjumlah 4.

Permainan dimulai dengan peserta menebak-nebak huruf secara bergiliran. Misalnya jika peserta menebak “a”, maka game master akan menuliskan huruf “a” di garis kedua, sesuai letak huruf “a” di “sapi”, dan seterusnya. Hanya saja, jumlah tebakan yang salah nggak boleh lebih dari jumlah huruf yang ada—4 dalam hal ini.

Tambahan: Permainan ini nggak terlalu spesial sebenarnya. Dulu sering dimainkan di masa SD dan SMP awal.

Angka-Tempat (AT)
Jumlah pemain: 2 orang

Cara bermain: masing-masing orang menyimpan sebuah kombinasi angka-angka yang terdiri dari 4 digit. Satu angka nggak boleh muncul dua kali—jadi, ada 5040 kemungkinan. Nah, kemudian masing-masing pemain mencoba menebak angka milik lawannya. Lawan akan mengecek setiap tebakan, sambil menulis berapa angka yang benar, dan berapa yang benar lokasinya. Yang lebih dulu bisa menebak angka lawannya adalah pemenangnya.

Tambahan: Permainan ini dulu salah satu favorit saya. Sederhana, tapi nggak cepat bikin bosan. Hanya dalam 5 menitan, satu permainan sudah bisa selesai. Jadi, sangat nyaman jadi permainan di dalam kelas—bahkan saat guru sedang mengajar sekali pun. Permainan ini mencapai hits-nya pada awal masa SMA.

([bersambung ke Permainan-Permainan Masa Sekolah (2)]

Labels:

2 Comments:

Post a Comment

<< Home